Kamis, 18 April 2013

Sehat Dengan Konsumsi Biji-Bijian

KENTANG, DAGING, DAN SAYURAN - KETIGANYA PASTI SERING ANDA KONSUMSI. TAPI BAGAIMANA DENGAN BIJI-BIJIAN ?
Sehat Dengan Konsumsi Biji-Bijian
Studi menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian buah beri dan delima memiliki kemampuan sebagai pelindung tubuh. Biji-bijian seperti bunga matahari, flax seed, biji labu, biji semangka, selasih dan wijen harus dimakan secara teratur atau dibiasakan sebagai camilan sehari-hari. Selain rasanya yang enak, biji-bijian juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kaya antioksidan, lemak tak jenuh, dan vitamin - zat-zat yang penting untuk pikiran dan tubuh yang sehat. Dr. Joel Fuhrman, seorang ahli gizi di Amerika merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi segenggam penuh biji-bijian per hari.

#SEMANGKA
Biji bunga matahari dan biji semangka yang dikeringkan secara alami dikenal sebagai kuaci. Makanan ini mengandung zat besi, kalium, magnesium, vitamin B, lemak dan kalori yang penting untuk nutrisi sehari-hari. Walaupun rasanya cenderung hambar, tekstur biji semangka menambah kerenyahan pada salad dan roti.

#BUNGA MATAHARI
Biji bunga matahari yang dikeringkan berwarna abu-abu dan berbentuk seperti teardrop. Biji bunga matahari kaya akan folat, selenium dan vitamin E yang dapat membantu fungsi sistem peredaran darah bekerja lebih baik. Biji bunga matahari memiliki efek menenangkan pada otak karena tinggi triptofan sehingga menciptakan efek relaksasi. "Matahari" yang satu ini mengandung fitokimia yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Lemak sehat dalam biji bunga matahari juga membantu penyerapan vitamin D. Memanggang biji bunga matahari dengan sedikit taburan garam membuatnya terasa renyah dan lebih lezat.

#LABU
Bentuk biji labu lebih besar dibandingkan dengan biji-bijian lainnya, tetapi datar dan berwarna putih. Saat dikupas, isinya berwarna kuning kehijauan. Selain kaya akan zinc yang melindungi Anda dari osteoporosis, biji ini memiliki sifat yang membantu meringankan peradangan tanpa efek samping. Biji labu juga mengandung L-tryptophan yang bisa mengurangi depresi. Masih ada lagi, biji labu diperkaya dengan magnesium dan merupakan musuh alami bagi cacing pita dan parasit lainnya. Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, kebanyakan orang sering memanggang biji labu dengan sedikit garam dan merica.

#WIJEN
Wijen dianggap sebagai makanan paling kaya mineral di dunia. Biji wijen kaya akan kalsium, magnesium, zat besi, iron, vitamin, dan serat. Anti cancer lignin juga ditemukan di biji wijen dan mencampurnya dengan salad dan sayuran untuk mendapatkan cita rasa berbeda.

#SELASIH
Sebelum dikonsumsi, biji selasih atau chia seeds yang berwarna hitam biasanya direndam dalam air sampai mengembang dan mengeluarkan lapisan seperti agar-agar putih di bagian pinggirnya. Walaupun ukurannya kecil, selasih memiliki kemampuan untuk membantu menstabilkan gula darah. Selasih sering digunakan sebagai bahan campuran dalam es buah dan agar-agar.

#FLAK SEEDS
Tidak seperti biji labu yang cenderung besar, flax seeds memiliki ukuran kecil dan berwarna cokelat. Biji ini diekenal sebagai sumber fitoestrogen yaitu senyawa yang dianggap sebagai estrogen alami yang ditemukan pada tumbuhan, Sebagai variasi saat mengonsumsi, Anda bisa menggiling flax seeds hingga halus dan menjadikannya sebagai salad dressing.

***

Jadi, lain kali saat Anda memakan buah atau sayur, ingatlah untuk memanfaatkan bijinya juga. Membiarkan bijinya dibuang begitu saja seperti membuang banyak kebaikan dan manfaat kesehatan.

Sumber : Cleo Edisi Januari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar